APA ITU VPN ???

APA ITU VPN ???
           
Add caption
Vpn merupakan singkatan dari virtual private network ialah sebuah koneksi private melalui jaringan publik dengan pastinya berhubungan dengan internet. Vpn tunnel perdefinisi adalah sebuah mekanisme menyambungkan sebuah titik ( atau bisa di sebut dengan node yang saling terhubung dengan satu lainya), pada sebuah jaringan komputer dengan titik yang lain melalui mediasi sebuah jaringan lainya. Dalam hal ini, sebuah titik dapat beruapa sebuah jaringan komputer lokal yang biasa kita sebut adalah lan atau sebuah komputer yang ingin terhubung dengan internet.
Sedangkan secara istilah tunnel sendiri adalah dengan pastinya tidak terlepas dari kata VPN, merupakan istilah generik yang menjelaskan bahwa sebuah hubungan atau koneksi antar titik sebuah jairngan komputer yang di lakukan semacam terowongan kecil antar kedua titik, seperti air yang mengalir di terowongan pipa PAM.
Nah, pada tunnel juga banyak sekali jenis-jenis dan macam-mcamnya, kalian bisa di lihat bedasrkan LAPISAN OSI LAYER 2 berupa tunnel layer 2 seperti PPP, tunnel PPOE,VLAN. Tetapi, tidak lazim juga di sebut sebagai PPP VLAN atau VLAN PPP.
 Menurut IETF, Internet Engineering Task Force, VPN is an emulation of [a]private Wide Area Network(WAN) using shared or public IP facilities, such as the Internet or private IP backbones. VPN merupakan suatu bentuk private internet yang melalui public network(internet), dengan menekankan pada keamanan data dan akses global melalui internet.Hubungan ini dibangun melalui suatu tunnel (terowongan) virtual antara 2 node.

Baca  juga Artikel  terkait

Pengertian  Dns  dan  Fungsinya 

Apa  itu SSH dan Kegunananya 

Apa Itu  DHCP  Server dan Fungsinya 

Pengertian  Jaringan 


Dan, di sini, ada dua kata yang kalian garis bawahi dan kalian harus pahami yaitu
1. VIRTUAL NETWORK
Add caption

Yaitu jaringan yang terjadi hanya di virtual saja, tidak ada koneksi jaringan internet secara rill antara 2 titik yang berbeda atau berhubungan.
2. PRIVATE
Jaringan, yang bersifat privasi di mana tidak semua orang bisa terhubung dengan bebas. Data atau oaket di kerimkan terenkripsi ehingga tetap aman dari hackers. Semisalnya, host a mengirim paket ke host b,. Data yang di kirimnya, itu data penting, jika data tersebut di ketahui oleh para hackers, bisa berbahaya. Nah, mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan vpn ini, untuk menjaga kerahasian, suatu dokumen atau barang yang akan di kirimkan ke konsumen.

            Dengan  vpn ini, kita seolah-olah membuat jaringan kita di dalam jaringan atau bisa kalian sebut dengan tunnel ( bisa kalian sebut dengan terowongan), sebelum, saya jelaskan materi vpn ini, maka saya akan perkenalkan sedikit tunnel dahulu, sebelum ke materi selanjutnya.