APA ITU PAN, LAN, MAN, WAN DAN BAGAIMANA CARA KERJA ?


APA  ITU  PAN, LAN, MAN, WAN  DAN BAGAIMANA  CARA  KERJA  ? 


Tutorial  Linux Indonesia |  Pada  kali  ini, kami  akan  membahas  jarinan  internet  khususnya  lan, man, wan dan  pan.  Dan tentunya,  menjelaskan  juga  bagaimana cara  kerja  dan  efektifitas   jaringan internet  di  tempat  anda.

Nah, sebenarnya  ini  tugas  dari  kuliah J.  Sebelum membahas jaringan bedasrkan  wilayah  seperti  PAN, LAN, MAN dan  WAN. 

Kelompok  Universitas Bina Sarana  Informatika :
Kelas : 13.2E.01

    1.   Adi Nugroho  ( 13180284 )
    2.   Ade  Prima A (13180295 )
    3.   Ariestryo Bimo P  (  13180297 )
    4.   Saptian DwiHaryanto ( 13180314 )
    5.   Muhamad Ikbal (13180606 )


APA  ITU  PAN, LAN, MAN, WAN  DAN BAGAIMANA  CARA  KERJA  ?



PAN (PERSONAL AREA NETWORK)



Personal area network (PAN) adalah jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lain pada jarak yang sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja.

Sistem keamanan rumah berbasis komunikasi data, serta perangkat komunikasi publik seperti internet.

Kontrol pada PAN dilakukan dengan otoritas pribadi, dan untuk teknologi yang digunakan meliputi Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth.


 
APA  ITU  PAN, LAN, MAN, WAN  DAN BAGAIMANA  CARA  KERJA  ?

PAN ini terhubung melalui bus yang ada di komputer, seperti USB dan Firewire. PAN atau Personal Area adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antar perangkat komputer. Rentang PAN biasanya hanya beberapa meter.

PAN bisa digunakan untuk komunikasi antar perangkat pribadi itu sendiri (communicationintrapersonal).

Penggunaan Jaringan Area Pribadi
1) Menghubungkan perangkat komputer
2) Sebagai media komunikasi antar perangkat itu sendiri (personal communication)

Contoh Penggunaan Jaringan PAN

Hubungkan HP dengan menggunakan Laptop

Bluetooth. Hubungkan mouse dengan menggunakan Laptop

Bluetooth. Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth

Selain itu, Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antar perangkat komputer (termasuk telepon dan personal digital assistant) yang dekat dengan satu orang. Perangkat mungkin atau mungkin bukan milik orang itu. Rentang PAN biasanya beberapa meter.

PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (komunikasi intrapersonal), atau untuk terhubung ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan internet (uplink).

Area pribadi jaringan kabel mungkin dengan bus komputer seperti USB dan FireWire. Jaringan area pribadi nirkabel (WPAN) juga dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave dan ZigBee.

Teknologi Jaringan PAN

Bluetooth PAN juga disebut piconet, dan terdiri dari 8 perangkat aktif dalam hubungan master-slave (sejumlah besar perangkat yang dapat dihubungkan ke mode "parkir").

Perangkat Bluetooth pertama di piconet adalah master, dan semua perangkat berkomunikasi dengan master slave. Piconet biasanya memiliki jarak 10 meter, meski berkisar hingga 100 meter bisa dijangkau dalam keadaan ideal.

Inovasi baru di antena Bluetooth diizinkan agar perangkat ini menjangkau lebih jauh jangkauan yang semula dirancang. Dalam DEF CON 12, sekelompok hacker yang dikenal sebagai "Flexilis" berhasil menghubungkan dua perangkat Bluetooth lebih dari setengah mil (800 m) darinya.

Mereka menggunakan antena dengan ruang lingkup dan antena lagi, semuanya menempel pada senapan. Kabel antena terpasang ke kartu Bluetooth di komputer. Mereka kemudian disebut antena "The BlueSniper".

Skinplex, teknologi PAN lainnya, mentransmisikan melalui kapasitif di dekat bidang kulit manusia. Skinplex bisa mendeteksi dan berkomunikasi hingga satu meter dari tubuh manusia. Sudah digunakan untuk kontrol akses untuk mengunci pintu dan membuat jamir mobil terlindungi di atap mobil.

PAN nirkabel

WPAN (jaringan area pribadi nirkabel) adalah jaringan area pribadi untuk jaringan yang berpusat di sekitar perangkat interkoneksi individu dari tempat kerja dimana koneksi nirkabel.

Umumnya, jaringan nirkabel area pribadi menggunakan beberapa teknologi yang memungkinkan komunikasi dalam jarak sekitar 10 meter dengan kata lain, yang sangat close-up. Salah satu teknologi Bluetooth, yang digunakan sebagai dasar standar baru, IEEE 802.15.

WPAN dapat melayani semua interkoneksi ke komputer dan berkomunikasi secara teratur pada perangkat yang memiliki banyak orang di mejanya atau membawanya hari ini atau dapat melayani tujuan yang lebih spesifik seperti mengizinkan ahli bedah dan anggota tim lainnya berkomunikasi selama operasi berlangsung.

Konsep kunci dalam teknologi WPAN dikenal sebagai "plugging dalam". Dalam skenario ideal, jika dua WPAN dilengkapi dengan perangkat lebih dekat (beberapa meter satu sama lain) atau dalam beberapa kilometer dari server pusat, mereka dapat berkomunikasi seolah terhubung dengan kabel.

Fitur penting lainnya adalah kemampuan masing-masing untuk mengunci perangkat dari perangkat selektif lainnya, yang perlu mencegah intrusi yang tidak sah atau akses terhadap informasi.

Teknologi untuk WPAN dalam masa pertumbuhan pesat dan proses pembangunan. Tujuannya adalah untuk memudahkan kelancaran pengoperasian perangkat atau sistem rumah atau bisnis.

Setiap perangkat di WPAN akan dapat terhubung ke perangkat lain di WPAN, asalkan keduanya berbeda secara fisik satu sama lain. Selain itu, seluruh dunia akan menjadi WPANs interkoneksi.

Jadi, misalnya, sebuah situs di sebuah arkeologi di Yunani mungkin menggunakan PDA akses langsung ke database di University of Minnesota di Minneapolis, dan untuk mengirimkan temuan ke database.

Kesimpulan
Pengertian jaringan PAN adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antar komputer



LAN (LOCAL AREA NETWORK)

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network, yang mana merupakan sebuah jaringan komputer dengan skala kecil (local) seperti gedung perkantoran, sekolah atau rumah.
Kebanyakan LAN saat ini berbasis teknologi Ieee 802.3. Ethernet dan menggunakan perangkat switch yang memiliki kecepatan transfer data 10, 100, 1000 Mbit/s. Saat ini teknologinya menggunakan 802.11b atau WiFi untuk membuat LAN. Biasanya, tempat – tempat yang menyediakan LAN dengan memanfaatkan WiFi sering disebut dengan hotspot.
Di sebuah LAN, setiap komputer atau node memiliki daya komputasi sendiri. Hal ini tidak sama dengan konsep dump termimal. Tiap komputer juga mampu mengakses sumber daya di LAN sesuai hak akses yang sudah diatur.
 Sumber daya ini dapat berupa perangkat atau data seperti printer. Di LAN, pengguna juga bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya dengan aplikasi yang sesuai.

APA  ITU  PAN, LAN, MAN, WAN  DAN BAGAIMANA  CARA  KERJA  ?

LAN umumnya digunakan untuk berbagi resource dalam suatu gedung. LAN dapat berdiri sendiri, tanpa terhubung oleh jaringan luar atau internet. Namun apabila suatu LAN dihubungkan dengan beberapa LAN lainnya maka akan terbentuk suatu jaringan yang disebut Metropolitan Area Network (MAN).


Untuk membangun sebuah LAN dapat menggunakan metode wired (kabel), wireless (tanpa kabel) ataupun keduanya. Untuk LAN jenis wired dibangun menggunakan Ethernet dan untuk membangun LAN jenis wireless menggunakan sinyal Wi-Fi. 

Kebanyakan untuk LAN yang digunakan pada rumah-rumah menggunakan sebuah router untuk membuat sebuah jaringan sekaligus mengelolah perangkat yang terhubung dengannya.

Router tersebut berperan sebagai pusat koneksi dan memungkinkan perangkat seperti komputer, laptop, handphone dan tablet untuk dapat saling terhubung. 

Biasanya router tersebut terhubung dengan sebuah kabel atau modem untuk menyediakan akses internet pada perangkat yang terhubung.  

Perangkat komputer juga dapat digunakan sebagai pusat LAN. 

Pada kasus inikomputer tersebut berperan sebagai server, dan menyediakan akses untuk berbagi file atau program pada perangkat yang terhubung. Hal ini sering diterapkan pada jaringan perkantoran atau sebuah lembaga.



WAN (WIDE AREA NETWORK)

Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit.
 Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya.


Pada sebagian besar WAN, komponen yang dipakai dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. 
Kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari suau komputer ke komputer lainnya, sedangkan elemen switching disini adalah sebuah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih. 
Saat data yang dikirimkan sampai ke kabel penerima, elemen switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan paket-paket data tersebut.



Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya WAN tidak jauh berbeda dengan LAN. WAN juga berfungsi sama seperti LAN mengkoneksikan antar komputer, printer dan juga device lainnya dalam satu jaringan. 
WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yang ada diberbagai lokasi. Dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkan antara LAN dengan WAN dan device tersebut adalah router.
Kelebihan WAN
-Berbagi informasi/file melalui area yang lebih besar.
-Semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama.
-Mempunyai sistem jaringan yang besar/luas sehingga mampu menjangkau Negara, benua,              bahkan seluruh dunia.
-Jika terkoneksi dengan jaringan internet transfer file pada tempat yang jaraknya jauh bisa di   lakukan secara cepat.
 -Dapat berbagi resources dengan koneksi workstations.
Kekurangan WAN

-Biaya operasional mahal.
-Dalam hal settingan/pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat-alat yang diperlukan juga sangat mahal.
-Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat mengganggu jaringan ini.
-Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.


Fungsi Jaringan WAN
1. Arus komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat.
Fungsi WAN yang satu ini banyak dirasakan oleh perusahaan - perusahaan berskala nasional atau internasional. Dengan adanya jaringan WAN komunikasi antara kantor pusan dan kator cabang menjadi lebih cepat dan mudah walaupun antara kantor pusat dan kantor cabang dipisahkan oleh pulau dan benua.
2. Jaringan LAN dan jaringan MAN dapat terintegrasi
Dengan adanya jaringan WAN jaringan - jaringan yang cakupannya lebih kecil dapat dihubungkan dan terintegrasi dalam satu jaringan, sehingga dapat mempermudah dan memperlancar arus komunikasi dan informasi sebuah perusahaan dan instansi.
3. Menghemat biaya operasional
Fungsi jaringan WAN yang satu ini akan dirasakan oleh perusahaan dan instansi yang memiliki kantor - kantor yang tersebar diberbagai wilayah, negara bahkan benua. Dengan adanya jaringan komputer WAN, biaya operasional perusahaan dapat ditekan sehingga lebih hemat.
4. Data dan informasi instansi atau perusahaan akan cepat uptodate
Meskipun perusahaan atau instansi memiliki banyak kantor yang jaraknya saling berjauhan, data dan informasi yang dibutuhkan oleh pegawai dan karyawan akan selalu uptodate. Hal ini dikarenakan pengiriman data dan informasi akan menjadi lebih cepat dengan adanya jaringan Wide Area Network ( WAN ).
5. Mencegah terjadinya miskomunikasi
Apabila sebuah perusahaan berskala nasional atau internasional menggunakan cara manual untuk menyampaikan informasi dan data, bisa dipastikan akan sering terjadi miskomunikasi antara kantor satu dengan kantor yang lainnya. Dengan adanya jaringan WAN kejadian - kejadikan tersebut akan dapat ditekan, karena informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan akan mudah disebar luaskan.




MAN (METROPOLITAN AREA NETWORK)


MAN (Metropolitan Area Network)  merupakan sebuah jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data yang berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai suatu lokasi misalnya  kampus, perkantoran, pemerintahan, dan lain sebagainya. 
APA  ITU  PAN, LAN, MAN, WAN  DAN BAGAIMANA  CARA  KERJA  ?

Jaringan MAN ialah  gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini adalah suatu jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota atau antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
Didalam jaringan MAN hanya mempunyai satu atau dua buah kabel yang berfungsi sebagai mengatur paket data melalui kabel output.
 Tapi ada alasan utama untuk memisahkan MAN sebagai kategori khusus yaitu, telah ditentukannya standart untuk MAN, standart ini sekarang sedang diimplementasikan. 
Standart tersebut disebut dengan DQDB atau (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel, ialah unidirectional dimana semua komputer dihubungkan.
Sebenarnya ada dua jenis koneksi yang biasanya dipakai  yang pertama yaitu koneksi dengan cara memakai wireless dan yang kedua memakai kabel fiber optik. 
Misalnya pada jaringan pada Bank atau (sistem Online Perbankan). Setiap bank tentunya memiliki kantor pusat dan kantor cabang. 
Di setiap kantor baik kantor cabang ataupun kantor pusat tentunya memiliki LAN, penggabungan LAN – LAN di setiap kantor ini akan membentuk sebuah jaringan MAN. MAN biasanya dapat menunjang data teks dan suara, bahkan juga  bisa berhubungan dengan jaringan televisi kabel atau gelombang radio.




Fungsi MAN (Metropolitan Area Network)
Untuk membangun & Implementasi sebuah sistem jaringan yang mengkolaborasikan antar server yaitu  untuk memenuhi kebutuhan internal perusahaan dan pemerintah dalam mengkomunikasikan suatu jaringan yang dipergunakan yang sehingga bisa melakukan kegiatan seperti messenger, chat,  video dan lain sebagainya dengan bandwidth lokal.

Kelebihan dari jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

MAN atau Metropolitan Area Network mampu mencakupi kawasan yang lebih luas dibandingkan dengan LAN. Jaringan MAN ini sering  dioperasikan di bandara-bandara, gabungan beberapa buah sekolah juga di suatu daerah. Dengan mengoprasikan sebuah jaringan keterhubungan yang besar, informasi bisa disebarkan dengan lebih luas, cepat dan bermakna. Perpustakaan-perpustakaan umum dan agen-agen pemerintahan biasanya menggunakan sebuah jaringan MAN.

Kekurangan MAN (Metropolitan Area Network)

MAN hanya akan berlaku apabila komputer pribadi tersebut bisa bersaing atau sebagai terminal. apabila suatu komputer pribadi digunakan sebagai terminal, dan memindahkan file (file transfer software) untuk membolehkan pengguna untuk mengambil file atau (download) dari hos maupun menghantar data ke hos atau (upload). Download file berarti membuka dan juga mengambil data dari suatu komputer pribadi yang lain dan menghantar data ke komputer yang berkenaan yang diminta oleh pengguna.

Keuntungan MAN (Metropolitan Area Network)

  • Server kantor pusat bisa beguna sebagai pusat data dari kantor cabang.
  • Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contohnya pada ATM Bank untuk wilayah nasional)
  • Komunikasi antar kantor dapat menggunakan e-mail, chatting dan Video Conference (ViCon).

Kerugian MAN (Metropolitan Area Network)

  • Biaya operasional mahal.
  • Instalasi dalam infrastrukturnya bukan perkara mudah.
  • Sulit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shoot).