Install Camilo On debian 7

Install Camilo On debian 7
Hai Sobat Bagol69.com
Pada  kali  ini  saya    akan bahas   install  chamilo  pada debian 7. Sebelum  install  chamilo, anda  harus  mempahami  dengan  chamilo. 
Pengertian Chamilo

Chamilo merupakan cms gratiss dan open source e-learning sistem manajemen di rancangg dan di kembangkan untuk meningkatkan terhadap pendidikan dan pengetahuan global. Dilirik Di bawah lisensi GNu General Publik lisensi versi 3 atau 2.
Konfigurasi Chamilo
Kemudian pindahkan cms chamilonya dari windows ke linux  dengan cara menggunakan win-scp.  





Buat sebuah direktory di cd /var/ww untuk meyimpan cms chamilo. Jika sudah, pindahkan cms chamilo dari direktory root  ke direktory www.

Kemudian ekstrak cms chamilonya dengan cara  unzip. Jika file cms bentuk .zaip  sedangkan bentuk .tar gz  atau yang lain.  Pada kali ini saya jelaskan hanya, ekstrak unzip saja.  jika tidak ada script unzip, di haruskan install unzip dengan cara apt-get install unzip.   Jika sudah unzip di debian. Ikutin gambar di bawah ini.


Unzip chamilo-1.8.7.1-stable.zip  seperti di gambar di Bawah ini.
Jika sudah di ekstrak cms chamilonya. Berikan hak akses ke web untuk cms chamilo dengan cara chmod. Ikutin saja perintah di bawah ini. kalian  perlu ketahui  chmod –R 777  dapat writable sedangkan chmod –R 755  hanya read only.
Jika sudah, pergi ke direktory cd /etc/apache2/sites-available di gunakan untuk  membuat sebuah  file yang di gunakan untuk menghubungkan dari web server ke  cmsnya.  Buat sebuah file dengan cara copy file default dengan file yang kita buat. Seperti di gambar di bawah ini.
Buka file yang sudah kita buat terlebih dahulu. Settin g terlebih filenya seperti ini.
Aktifkan file yang tadi di setting. Dan non-aktifkan file default. Ikutin saja gambar di bawah ini.
Restart apahche2.  Untuk menajalankan web servernya.
Buka browser kalian, isikan nama domain. Contoh : www.sekolah.com/chamilo   atau www.sekolah.com.   Pasti akan muncul, installer chamilo, pilih click install chamilo.

Pilih bahasa  untuk chamilo ya. Jika sudah, pilih next saja.   
Pilih new install untuk install chamio barunya. Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
Piih i accept  untuk setuju peraturan chamilo. Jika sudah, pilh next saja.

Kemudian buat sebuah database  di phpmyadmin. Kita mengunakan secara simple saja.  buka web browser  dan ketik nama domain. Contoh : www.sekolah.com/phpmyadmin.   Jika sudah, login dengan username itu root   dan passwd ( 1) tergantung passwd debian pada waktu kalian install.
Pergi ke database  lalu buat database. Seperti di gambar di bawah ini.
Jika sudah, isikan nama database buat chamilo yang sudah di buat terlebih dahulu. Seperti di gambar di bawah ini.
Isikan  data untuk web belajar di chamilo. Ikutin saja di gambar di bawah ini.
Pilih  install chamilo saja.  untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.


Alhamdulilah sudah kelar install chamilonya. Sekarang pergi ke halaman chamilo, tinggal kalian edit sendiri web belajarnya.
Jika sudah login dengan username yang sudah d buat terlebih dahulu.

Alhamdulilah sudah  berhasil login dan masuk  ke halaman  chamilo.





Alhamdulilah  Installasi  chamilo di debian 7  sudah berhasil  dan  dapat  login.  jika  artikel  ini  bermanfaat silahkan share.