Cara Membuat Perpustakaan Online Gratiss Dengan Slims


            Di sini saya akan bahas perpustakan online.  Pada lab ini saya menggunakan cms slim7 cendana  yang di gunakan untuk perpustakan online. Donwload terlebih dahulu cms cendana tersebut.


            Jika sudah di donwload cms slim7 cendana tersebut. Pindahkan cms slim7 cendana ke linux menggunakan win-scp.  Win-scp hanya menggunakan ssh-server saja. Masukan alamat ip address server dan username dan password.


            Lakukan drag and drop pada cms slim7 cendana.  Untuk pindahkan cms tersebut ke linux. Seperti di gambar di bawah ini. 

            Buat direktory baru untuk penyimpan cms slim7 di direktory /var/www. Seperti di gambar di bawah ini

Copy cms slim 7 cendana ke direktoory yang sudah di buat.

Ekstrack cms slim7 cendana.  Seperti di gambar di bawah ini.

Beri hak akses terhadap cms slim7. Supaya dapat di akses oleh client.

            Buat database untuk  sim7 cendana.  Dengan cara buka link seperti ini. www.adi.com/phpmyadmin ( adi.com ) nama domain.

            Lalu buka browser dan ketikan link seperti ini. www.belajar.adi.com ( di sini saya menggunakan sub domain. )

Berikan database yang sudah di buat di sim7 cendana. Seperti di gambar di bawah ini.



            Jika sudah. Buat user untuk admin. Di sini saya menggunakan admin dan password 123. Seperti di gambar di bawah ini.



Klik pada start slim.


            Tampilan akan seperti. Sudah jadi perpustakan online. 




Ingin kalian edit perpustakaan online silahkan saja. Secara default seperti ini. Untuk mengedit web seperti ini. Harus ahli di bidang coding. Di situ saya merasa sedih L. Karena saya gelap dengan coding. Bagaikan menunggu cnta yang di ombang ambing di laut. L

Alhamdulilah  sudah  selesai  buat perpustakan  online  secara   gratis  dengan  slims.