Install dan Konfigurasi Multi Domain Debian


            Kembali lagi dengan saya adi nugroho. Pada kali ini saya akan membuat multi domain atau yang bisa kalian sebut membuat domain lebih dari satu  di satu mesin.  

Caranya hampir sama kok, dengan membuat domain  tunggal. Berbedaan hanya di file forward saja.  Oke,  langsung saja kita praktek.




yukkkkkk................

         Kita  kepoin   guys !!!!!!!!!!!!!!!!

APA  ITU  MULTI  DOMAIN ?

Multi  domain merupakan  teknik  yang  digunakan  untuk  membuat  domain  lebih  dari  satu domain. 

contoh   server  PT. A  mempunyai  domain   adi.com  di  dns  server  PT.A   ada  permintaan  dari   atasan untuk  membuat domain  baru  di   dns  server  yang sudah ada  domain adi.com. 



Muncul  pertanyaan  " apa bisa  buat  domain lebih  dari  satu ??  Ngaruh  gak  sama  domain   yang  sudah  ada ??  "  



Jawaban :  Tentu  bisa  membuat  domain  lebih  dari  satu.  Tentu  tidak  ngaruh   terhadap  domain   yang  sudah  ada.  yap,  menggunakan   teknik  multidomain  guys,  hanya  tambahkan  domain  saja. 



Baca  juga  

Instalasi dan Konfigruasi NTP Server Debian 7

pengertian dns dan fungsinya

Cara mudah setting ssh bagi pemula



Apa Itu SSH dan Kegunaan


Update debian 7


            Pertama siapkan dahulu,  debian 7 yang sudah di install. Install dnsnya dengan cara apt-get install bind9.  Jika sudah masuk ke direktory bind9  dengan cara cd /etc/bind . jika sudah pergi ke file nano named.conf.local kemudian setting seperti di gambar di bawah ini.
Keterangan :
Zone “ buat nama domain”
Type master “ menunjukan type dari dnsnya “
File “ menunjukan  database forward atau database reversenya. “
Jikaa sudah, copy file forward dan reverse seperti di gambar  di bawah ini.  dengan cara di bawah ini.
  cp.db local 1 perintah ini di gunakan untuk membuat file forward dengan nama domain  adi.net.
cp db.local 3 perintah ini di gunakan untuk membuat file forward dengan nama domain  adi.id.
cp db.127 2  perintah ini di gunakan untuk membuat file rerverse untuk dua file forward unutk nama domain adi.net dan adi.id. Jika sudah maka akan seperti di gambar di bawah ini.
Gambar  1

            Kemudian  buat file forward dan setting  filenya seperti di gambar di bawah ini.   file forward di gunakan untuk menerjamahkan dari nama domain ke ip.  Pada file forward satu ini di gunakan untuk nama domain adi.com.  jika sudah di simpan dengan crtl +x dan y.
Gambar 2

              buat file forwrd dan setting  filenya seperti di gambar di bawah ini.   file forward di gunakan untuk menerjamahkan dari nama domain ke ip.  Pada file forward kedua
g  ini di gunakan untuk nama domain adi.id.  jika sudah di simpan dengan crtl +x dan y.

Gambar 3

            Kemudian  buat file  reverse dan setting  filenya seperti di gambar di bawah ini.   file reverse  di gunakan untuk menerjamahkan dari ip ke nama domain.  Pada file forward kedua  ini di gunakan untuk nama domain adi.id.  jika sudah di simpan dengan c

            Pergi ke file nano /etc/resolv.conf   pada tahap ini, kalian masukan dua ip server. Yang bagian atas di isikan ip master sedangkan ip yang bawah di isikan ip slave. Jika sudah simpan dengan crtl + x dan y.


            Pergi ke file nano /etc/hosts . pada tahap ini, kalian kosongkan, saja pada di bawah locahost.

            Restart dnsnya dengan cara /etc/init.d/bind9 restart  pastikan tidak ada yang  slalah pada saat konfig dnsnya. Jika ada yang salah, bisanya pada file forward atau reverse yang kemungkinan salah ketik atau kurang scriptnya.

            Saatnya pengecekan dengan cara nslookup di linux maupun di cmd windwos kalian.


Alhamdulilah  sudah  selesai   setting  multidomain,  multi  domain   dapat  di lakukan   linux  debian, ubuntu  atau  yang  lain.  Hanya  ada  beberapa  perintah  saja  yang  berbeda.  Secara  fungsi mah  sama. Semoga  artikel  ini, bermanfaat   dan jangan  lupa  share  artikel  ini.